FIFA world Cup 2018 gets underway with glitzy opening ceremony on 14th June followed by first match of the tournament. Watch live streaming. WatchWorld Cup 2018 Live Stream Right Here

Home / Berita / Bagaimana Kinerja Nokia X, X+ dan XL ? Smartphone Android Nokia

Bagaimana Kinerja Nokia X, X+ dan XL ? Smartphone Android Nokia

Kinerja Nokia X, X+ dan XL

Nokia X,X+ dan juga XL telah dirilis. Tiga perangkat baru dari Nokia tersebut menggunakan sistem operai Android 4.1.2 ini sekaligus menjadi sbeuah pertanda kiprah perdana dari Nokia yang mulai masuk kedalam ekosistem Android yang telah dipenuhi banyak sekali vendor-vendor lainnya dalam industry mobile.

Kinerja Nokia X, X+ dan XLDan, jika dibandingkan, bagaimana kinerja trio Nokia Android ini dengan smartphone-smartphone Android lainnya yang lebih dulu hadir dipasaran?

PC World menjalan dua aplikasi benchmark anTuTu dan Sunspider pada Nokia X dan XL. Kemudian membandingkan skot mereka dengan beberapa smartphone Android lainnya.

Namun, hasilnya sedikit mengecewakan, performa ponsel Android dari Nokia yang ada dalam kedua benchmark tersebut berada di posisi bawah dengan hasil skor anTuTu sekitar 7.500 poin. Angka tersebut lebih rendah jika dibandingkan dengan smartphone Galaxy SII dari Samsung yang dirilis pada 2011 lalu.

PC Word Mencatat jika sistem operasi Android berjalan tidak begitu mulus pada perangkat Nokia, dengan lag saat pengguna mencoba memindahkan tile aplikasi ke sekeliling layar. Lag dirasakan saat membuka aplikasi dan kembali ke layar.

Namun, meskipun begitu aplikasi-aplikasi dari pihak ketiga bisa dijalankan dengan lancar, pun begitu layanan-layanan dari Microsoft yang menggantikan berbagai macam service dari Google pada ketiga perangkat ini.

Ini membuktikan bahwa tidak seperti seri Asha yang juga dibuat oleh Nokia, tiga perangkat baru ini adalah benar-benar smartphone Android sejati yang dapat menjalankan ribuan aplikasi dalam platform tersebut.

Untuk kinerjanya, dari awal memang bukanlah prioritas dari Nokia untuk membuat tiga perangkat entry level yang menggunakan prosesor dual-core Snapdragon 200 1ghz tersebut. Nokia X, X+ dan juga XL dijual dengan harga yang lebih terjangkau pada kisaran Rp. 1,5-1,8 juta.

Nokia X dan X+ sama-sama menggunakan layar berukuran 4 inci dengan resolusi 800×400. Dilengkapi dengan kamera 3 megapiksel dan memori internal sebesar 4GB, terdapat dukugang dual-SIM.

Perbedaan dari keduanya adalah dari kapasitas RAM Nokia X+ yang lebih besar, yakni 768 MB dan pada nokia X sebesar 512 MB.

Untuk Nokia XL mengunakan layar berukuran 5 inci dengan resolusi 800×400 dengan RAM sebesar 768 MB dengan memori internal sebesar 4GB. Kamera dengan resolusi 2 MP dan 5 MP.

Facebook Comments

31 comments

  1. aplikasi yang dari google store apa kayak begini om
    download apliksinya lewat komputer. Trus baru di kirim ke hp’nya.
    Kalau masalah merk om plih nokia x pa smsung galaxy. Untuk saya yang baru ingin belajar smartphone
    mohon pencerahannya

    • di nokia x juga udah ada semacam google store kok. jadi bisa downlado tanpa harus lewat pc.

      klo saya seneng samsung, udah pemain lama di android

  2. Gan, kalo uang nya 2juta saran nya apa gan?

  3. Kalo z 3 gimana gan?

  4. Kalo Nokia XL sama samsung galaxy ace 3 mendingan yang mana mas?

  5. kalau galaxy core vs LG L70 vs Motorola moto G pilih mana boz?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *